Beragam Harga Tiket Kereta Jakarta Solo Berdasarkan Kelasnya

Beragam Harga Tiket Kereta Jakarta Solo Berdasarkan Kelasnya

Sebelum mengetahui harga tiket kereta Jakarta Solo, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu beragam jenis dan sekilas informasi tentang kedua kota ini. Hampir semua orang memilih menggunakan transportasi umum kereta untuk melakukan travelling, perjalanan bisnis, dan lain-lain.


Menggunakan kereta api untuk perjalanan panjang maupun pendek membuat keseruannya sendiri. Beberapa orang merasa senang dan nyaman saat memilih untuk naik kereta api daripada menggunakan pesawat, bis, dan kendaraan pribadi.

Kota Solo
Kota solo adalah kota yang terkenal karena kebudayaannya yang terukir apik sejarahnya dalam Keraton Solo. Memori yang disimpan oleh Keraton Solo merupakan sejarah dan budaya dari nenek-nenek moyang zama dahulu. Sebab itu Solo banyak terdapat peninggalan sejarah yang penting, terkenal, dan wajib untuk dilihat.

Kota kecil di Jawa Tengah ini sangat popular di Indonesia dan juga mancanegara. Solo menyimpan berbagai tempat yang penuh keindahan dan memanjakan mata serta pikiran sejenak.

Syarat Agar Bisa Naik Kereta Di Tengah Pandemi
Di tengah pandemi menghalangi kita untuk berjalan-jalan ke sana ke mari. Tapi, biarpun seperti itu, Anda masih bisa menggunakan transportasi umum kereta api untuk berpergian dengan syarat dan ketentuan. Kereta api menjadi incaran warga-warga karena harganya terjangkau untuk berpergian sekarang, apalagi ekonomi sedang keadaan kesusahan.

Persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah memberikan surat keterangan uji test PCR maupun Rapid test dengan hasil negatif. Bagi Anda yang belum tahu tentang ini, sebaiknya batalkan dulu tiket yang Anda mau beli supaya tidak rugi jika Anda positf Covid-19. Memesan tiket secara online H-7 sebelum keberangkatan. Pembelian di loket stasiun dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Berikut syarat-syarat agar Anda bisa pergi dengan tiket kereta Jakarta Solo:
1. Tunjukkan surat keterangan uji tes PCR atau surat keterangan uji Rapid-Test Anda, pastikan bahwa Anda negatif (non reaktif) dari Covid-19. Pastikan surat berlaku 14 hari pada hari keberangkatan.
2. Tunjukkan surat keterangan bebas gejala Covid-19, seperti; influenza, yang diberikan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas (khusus daerah yang tak memiliki fasilitas test Rapid-Test dan PCR).
3. Tunjukkan surat ijin keluar masuk (SIKM) wilayah DKI Jakarta. Tidak diberlakukan untuk sektor yang dikecualikan oleh Pergub DKI Jakarta No.47 Tahun 2020.
4. Saat keberangkatan tidak sedang sakit flu, pilek, batuk dan deman.
5. Wajib memakai masker dan face shield.
6. Suhu badan minimal 37,3 derajat celcius.
7. Memakai jaket atau pakaian lengan panjang.
8. Mematuhi dan melaksanakan instruksi yang diberikan.
9. Penumpang diharapkan untuk datang ke stasiun 30 menit lebih awal dari jadwal keberangkatan, supaya melakukan proses pengecekan data.

Tiket Kereta Jakarta Solo Berdasarkan Kelasnya
Tiket kereta Jakarta Solo memiliki harga yang bervariatif. Harga bisa dimulai dari Rp208.000 (dua ratus delapan ribu rupiah) sampai dengan Rp570.000 (lima ratus tujuh puluh ribu rupiah) per orang dewasa. Namun semua tergantung kelas yang dipilih.

Kelas bisnis tiket kereta Jakarta Solo dibanderol dengan harga Rp270.000 (dua ratus tujuh puluh ribu rupiah) sampai dengan Rp370.000 (tiga ratus tujuh puluh ribu rupiah) per orang.

Kelas ekonomi tiket kereta Jakarta Solo dibanderol dengan harga Rp74.000 (tujuh puluh empat ribu rupiah) sampai dengan Rp335.000 (tiga ratus tiga puluh lima ribu  rupiah) per orang.

Kelas Eksekutif tiket kereta Jakarta Solo dibanderol dengan harga Rp300.000 (tiga ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp1.100.000 (satu juta seratus ribu rupiah) per orang.

Semua tempat mengeluarkan harga yang berbeda-beda, namun tidak jauh yang ditunjukkan sebelumnya. Pastikan memilih harga yang sesuai dengan kantong Anda dan cari-cari promo yang bisa bikin hemat keuangan Anda.