Bunda, Simak Tips Memilih Box Bayi yang Aman untuk Buah Hati Anda

Bunda, Simak Tips Memilih Box Bayi yang Aman untuk Buah Hati Anda

Box bayi merupakan salah satu produk perlengkapan si kecil yang penting. Tersedia berbagai model, ukuran dari kecil sampai besar, portable serta multifungsi. Anda juga dapat menemukan tempat tidur si kecil yang berkualitas di pasaran. Tentunya Anda membutuhkan produk yang tahan lama dan cocok untuk Anda dan si kecil. Berikut adalah tips memilih box bayi untuk buah hati Anda.


Periksa Keamanan Penggunaan Produk
Tempat tidur anak yang Anda pilih harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Pemerintah Indonesia telah menetapkan standar produk ini melalui Badan Standarisasi Nasional Indonesia (BSN).

Berdasarkan SNI, ketinggian tempat tidur atau rangka tempat tidur minimal 40 cm di atas permukaan tanah. Selain itu, panjangnya minimal 100 cm dan lebar 65 cm. Tak hanya itu, saat ranjang diletakkan di atas permukaan datar, maka posisi ranjang tidak boleh berayun. Jarak maksimum bingkai adalah 85 cm, dan tidak boleh terlalu tajam.

Periksa pula material yang digunakan. Jika bahannya ramah anak, meskipun si kecil menjilat atau memasukkan kisi-kisi ke dalam mulut, anak Anda akan tetap aman.

Pilih Ukuran Produk yang Tepat Sesuai dengan Lokasi Penempatan
Anda hanya perlu memilih produk yang ukurannya sesuai dengan lokasi penempatan di dalam ruangan. Baik produk reguler maupun berukuran kecil sebenarnya akan bertahan digunakan sekitar 24 bulan. Namun, setelah berusia empat bulan, si kecil mungkin akan kesulitan menempati produk berukuran mini. Aman untuk mengasumsikan bahwa masa pakai produk yang sebenarnya lebih pendek dari yang dikatakan pabrik pembuatnya.

Pilih Box Bayi yang Mudah Digunakan
Pilihlah tempat tidur dengan beberapa fitur berikut. Pertama yaitu roda. Kehadiran roda akan memudahkan Anda memindahkan boks anak tanpa membangunkannya. Selain itu, hal ini akan memudahkan pula bagi para orang tua. Aktivitas Anda sebagai orang tua sering berubah. Misalnya, Anda mungkin melakukan pekerjaan rumah pada siang hari dan bersiap untuk tidur di kamar tidur pada malam hari.

Untuk beberapa produk, terdapat pagar yang bisa dibuka atau ditutup dari semua sisi. Jika Anda bisa membuka pagar sepenuhnya, mengganti popok akan lebih mudah. Pilih kotak berpagar yang bisa dibuka di banyak sisi. Ini juga akan memudahkan Anda meletakkan anak tanpa membangunkannya.

Saat anak Anda mulai berguling, cara yang terbaik adalah menurunkan tinggi tempat tidur agar anak Anda tidak terjatuh. Selain itu, produk yang dapat menyesuaikan tinggi tempat tidur dengan lantai dapat digunakan untuk melatih anak berdiri. Hal ini juga akan memudahkan Anda ketika mengganti popok si kecil.

Pilih Produk yang Dapat Dilipat Agar Mudah Disimpan
Produk yang dapat dilipat sangat mudah disimpan karena bagian-bagiannya tidak akan berserakan seperti tipe yang dibongkar. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memiliki dua atau tiga anak? Produk lipat merupakan pilihan tepat karena mudah disimpan untuk digunakan ketika anak berikutnya lahir. Produk yang dapat dilipat juga mudah dibawa atau dipindahkan.

Saat Memilih Produk, Pertimbangkan Fitur Tambahannya
Apakah Anda membutuhkan produk yang dapat digunakan dalam waktu lama? Pilihlah produk yang tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat tidur. Karena anak tumbuh dengan cepat, penting untuk memiliki barang yang bisa sering digunakan. 

Meski produk multifungsi ini masih langka di Indonesia, ada juga box bayi yang bisa dijadikan playpens. Anda hanya perlu melepas bagian bawah kotak. Ada juga produk yang bisa dijadikan tempat penyimpanan barang.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam memilih box bayi yang tepat untuk si kecil. Selain tempat tidur, Anda juga dapat memilih perlengkapan si kecil merk Pigeon yang terjamin kualitasnya dan harganya terjangkau.